Perusahaan Pengembang Teknologi AntiSadap Pertama di Indonesia
Tunggu Tanggal Mainnya, Jago-Jago Enkripsi Indonesia Siap Beraksi

Pemblokiran Telegram menjadikan teknologi enkripsi menjadi isu hangat di Indonesia. Enkripsi sangat dibutuhkan untuk mengamankan data. Pengamanan data dapat dilakukan dengan berbagai metode. Namun, hampir semua metode memanfaatkan enkripsi sebagai salah satu komponennya.

Atas dasar itu, mahasiswa jurusan Matematika Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang bertekad melahirkan jago-jago enkripsi. Diharapkan dengan adanya enkripsi produk dalam negeri, semua akun media sosial yang ada di Indonesia akan aman dari penyadapan dan pencurian data pihak asing.

UIN Walisongo kemudian menjalin kerja sama dengan perusahaan pengembangan teknologi anti sadap Indoguardika Cipta Kreasi (ICK). Menurut Direktur Riset dan Pengembangan ICK, Sujoko, keamanan di era siber sangat mutlak dibutuhkan. Apalagi, tren pergerakan dunia semua akan menjadi online.

"Kalau mau aman dalam bertransaksi data, ya hanya gunakan teknologi enkripsi sebagai satu-satunya jalan. Tinggal diatur saja agar bagaimana teknologi ini digunakan dengan bijak agar terhindar dari penyalahgunaan," kata Sujoko dalam kuliah umum mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, pekan lalu melalui surat elektronik.

Menurut Sujoko, komunikasi tanpa pengamanan sangat berbahaya. Enkripsi dibutuhkan untuk melengkapi keamanan sistem informasi dan komunikasi.

"Meskipun enkripsi hanya sebagai bagian kecil dari sistem pengamanan informasi, tetapi merupakan bagian yang sangat penting," kata Sujoko.

Pemanfaatan teknologi enkripsi dapat diterapkan dalam berbagai metode komunikasi. Misalnya untuk mengamankan percakapan telepon, mengirim email, autentifikasi mobile banking, hingga pengamanan tanda tangan digital.

"Dari sini kita lihat bahwa enkripsi memiliki peluang cukup besar di bidang industri. Terbukti dengan adanya beberapa perusahaan yang menawarkan teknologi enkripsi bagi pemerintah dan dunia bisnis," kata Sujoko.

ICK adalah sebuah perusahaan perintis teknologi antisadap yang telah menerapkan teknologi enkripsi dalam aplikasi panggilan suara VoIP dan pesan instan di Indonesia sebelum WhatsApp dan Telegram.

"Sudah sejak WA dan telegram belum diperkenalkan, ICK telah menerapkan teknologi end-to-end encryption yang telah dimodifikasi sendiri. Karena hanya enkripsi yang bisa mengamankan komunikasi melalui media. Dan ini buatan Indonesia," kata Sujoko.

 

Sumber: Liputan6.com

SHARE :

PT. Indoguardika Cipta Kreasi (ICK) adalah perusahaan IT dan pengembang perangkat lunak dengan tenaga ahli yang profesional serta berpengalaman dalam pengamanan informasi dengan menggunakan teknologi kriptografi

Situs Produk
SMS Guard
Unduhan
Company Profile
@2016 PT. Indoguardika Cipta Kreasi
Jl. Moh. Kahfi 1 No. 88C Jagakarsa, Jakarta Selatan - Indonesia Phone: +6221 78890338 Fax: Phone: +6221 78890338 email : info@indoguard.co.id